Jumat, 14 Agustus 2009

postheadericon Pentingnya Vitamin C untuk Elastisitas Kulit

KOMPAS.com - Meski terkenal sebagai vitamin yang mampu memberikan energi tambahan untuk tubuh, ternyata vitamin C memiliki nilai tambah. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air dan dikenal dengan nama lain asam askorbat. Manfaatnya yang lain adalah membantu penyerapan zat besi, sebagai antioksidan, meningkatkan pembuangan feses, dan mencegah gusi berdarah. Penelitian di Massachusetts Technology Institute menyebutkan bahwa vitamin C juga berfungsi menangkal racun penyebab kanker di dalam tubuh kita.

Sumber terbaik vitamin C banyak didapat dari buah-buahan berwarna kuning atau yang rasanya asam. Misalnya, jeruk, tomat, arbei, strawberry. Juga ada di dalam sayur-sayuran seperti asparagus dan kol. Sumber hewaninya adalah susu, mentega, kentang, ikan, dan hati.

Asupan yang dianjurkan tergantung gaya hidup yang kita lakukan sehari-hari. Contohnya, seorang perokok memerlukan asupan vitamin ini lebih banyak dari yang bukan perokok. Pasalnya, kandungan racun di dalam rokok dapat menurunkan kadar vitamin C di dalam darah sebanyak 25 persen. Secara umum, asupan yang dianjurkan aadlah 75-2.000 mg per hari, sesuai kebutuhan. Segenggam buah blueberry segar mengandung kurang lebih 30 mg vitamin C.

Namun, wanita yang sedang hamil tidak boleh mengasup vitamin C lebih dari 5.000 mg per hari. Jika dikonsumsi berlebihan, janin bisa ketergantungan vitamin C. Informasi ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Oregon Health & Science University.




2 komentar:

BeeMouNTaiN mengatakan...

pernah dengar gak, kalau cabe katanya sebagai sumber vit c paling tinggi.. bener nggak sih??

Siti Juhariah mengatakan...

pernah, ada artikelnya neh
"CABAI rawit ternyata mengandung vitamin C tinggi dan betakaroten (provitamin A) mengalahkan buah-buahan populer seperti mangga, nanas, pepaya, semangka. Kadar mineralnya, terutama kalsium dan fosfornya meng-ungguli ikan segar. Demikian juga dengan cabai hijau, memiliki kandungan vitamin C cukup besar. Sedangkan paprika terutama berwarna merah memiliki kandungan vitamin C dan betakaroten lebih banyak dibandingkan yang hijau."

http://insidewinme.blogspot.com/2007/11/bicara-vitamin-c.html

Total Tayangan Halaman

Mari Silaturahmi

Follower

My Blog List

Popular Posts

Share