Senin, 03 Agustus 2009

postheadericon Atasi Stress dengan Menghirup Aroma Bunga


Apa diantara pembaca, ada yang sedang banyak masalah sehingga, mengalami stress,
Segera atasi sebelum keadaan ini berlarut-larut. Cobalah mengurangi tekanan yang Anda derita dengan mencium aroma wewangian. Dengan memilih aroma yang tepat, seperti aroma lemon, mangga, lavender atau bunga-bungaan dapat mengurangi tingkat stres dan depresi juga membuat tidur Anda semakin lelap. 

Tim ilmuwan di Jepang melaporkan bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa menghirup wewangian tertentu dapat mengubah aktivitas gen dan kimia darah yang dapat mengurangi tingkat stres. 


Menurut Akio Nakamura dan rekannya yang melakukan penelitian, sejak zaman dahulu masyarakat telah memiliki kebiasaan menghirup wewangian untuk mengurangi stres, depresi, melawan peradangan, serta meningkatkan pola tidur.

Dan kini, aromatherapy yang memanfaatkan wewangian berasal dari minyak tanaman, semakin populer digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk memperbaiki mood dan kesehatan. Linalool adalah salah satu jenis aroma yang terdapat pada tanaman bunga atau buah-buahan yang mampu mengurangi tingkat stres, mengurangi tekanan darah dengan baik dan juga memperbaiki lebih dari 100 struktur gen penyebab stres.

Tim ilmuwan dari T Hasegawa Co Ltd di Kawasaki-shi, menggunakan tikus kecil sebagai objek penelitiannya. Mereka menyebutkan, tikus yang diberikan aromaterapi bunga linalool mengalami perubahan drastis pada tekanan darah dan gen-gen di dalam tubuhnya. Berbanding dengan tikus yang tidak diberikan aroma linalool, mereka sama sekali tidak mengalami perubahan.

Ini membuktikan jika linalool efektif menurunkan tingkat stres yang berkaitan dengan kekebalan tubuh serta mampu mengurangi aktivitas 109 gen penyebab stres hingga tiga tingkat. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Sumber


0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Mari Silaturahmi

Follower

My Blog List

Popular Posts

Share