Selasa, 28 Juli 2009

postheadericon Alternatif Alami Atasi Gejala PMS

Sindrom Premenstrual (PMS) umumnya berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon terutama berkaitan dengan kelebihan hormon estrogen, dimana hormon ini berperan dalam perubahan kondisi fisik dan emosional seseorang.

Gejala premenstrual syndrom (PMS) biasanya meliputi perubahan mood, mudah marah, depresi sebelum menstruasi, sering merasa lelah, payudara mengeras dan sakit kepala. Gejala ini bahkan seringkali diperburuk dengan kram saat menstruasi.

Banyak alternative yang bisa Anda pilih untuk menyeimbangkan hormon dan mengurangi gejala PMS. Perubahan gaya hidup dan melakukan perawatan dengan menggunakan herbal merupakan dua hal yang bisa Anda pilih untuk membantu menyeimbangkan hormon dan mengatasi gejala PMS :

Vitamin B6

Vitamin ini dapat membantu meringankan water retention (tertahannya air di dalam badan sehingga terjadi pembengkakan), yang berhubungan dengan gejala PMS, seperti payudara yang membengkak, nyeri pada kepala dan perubahan mood.


Vitamin B6 (piridoksin) penting dalam memperbaiki mood, karena berperan dalam produksi triptofan yang selanjutnya membantu tubuh memperbaiki serotonin. Mengkonsumsi setidaknya 50 - 100mg vitamin ini setiap harinya dengan kandungan Vitamin B kompleks yang tinggi diyakini dapat mengatasi gejala PMS.
Beraktivitas fisik

Seperti yang diketahui, olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan menjaga stamina tubuh agar terhindar dari penyakit tropis yang umum terjadi. Namun tidak hanya itu, melakukan latihan ini secara rutin setidaknya 30 menit sehari juga dapat membantu menurunkan kadar estrogen penyebab gejala PMS. Olahraga akan menghindari Anda dari perubahan mood, despresi dan anxiety yang berhubungan dengan PMS.


Memilih jenis makanan yang tepat

Jenis makanan seperti, daging, gula, kafein dan alkohol akan merangsang kelebihan produksi hormon estrogen hingga meningkatkan gejala PMS. Dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung serat yang tinggi, sayur segar, buah-buahan kacang-kacangan, dapat membantu tubuh Anda mengurangi kelebihan estrogen. Jenis makanan yang kaya akan fatty acids juga dipercaya dapat membantu menyeimbangkan hormon tubuh. Karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya satu porsi makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan salmon, sarden dan kacang walnut setiap harinya.

Herbal

Untuk mengatasi water retensi coblah mengkonsumsi teh yang dicampur dengan daun dandelion. Daun dandelion merupakan salah satu tanaman obat yang dapat melancarkan urine dan meringankan PMS water retention. Buah beri juga berkhasiat untuk menyeimbangkan kadar hormon karena memiiki sifat menenangkan dan antispasmodic.

Aromatherapy

Mandilah dengan menggunakan air hangat. Anda tidak akan pernah menduga apa yang bisa dilakukan air hangat dalam mengurangi gejala PMS. Cobalah berendam dalam air tersebut yang telah dicampur dengan garam Inggris, dan lavender essential oils untuk menenangkan dan mengurangi tekanan emosional. Berendamlah selama 20 menit lalu lihat hasilnya, stress dan tekanan akibat PMS akan segera menjauh.

Sumber

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Mari Silaturahmi

Follower

My Blog List

Popular Posts

Share