Kamis, 23 Juli 2009

postheadericon 21 Fakta Bijak Tentang Makanan


Makanan bukan hanya berfungsi sebagai bahan bakar bagi tubuh, tetapi juga memiliki beberapa pengaruh yang sangat besar dan tidak terduga bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda. Hal-hal kecil mengenai makanan akan sangat berharga bagi kesehatan Anda. Kita akan melihat beberapa temuan terbaru (dan mengejutkan) mengenai apa yang kita konsumsi.

1. SARAPAN dapat mengurangi risiko Anda untuk terserang stroke.
Menurut para peneliti dari Amerika Serikat, mengonsumsi sereal dan roti yang banyak mengandung asam folat selain dapat mengurangi jumlah kelahiran cacat pada ibu hamil juga dapat mengurangi risiko terserang stroke.

2. KISMIS dapat menjaga kesehatan gigi Anda.
Menurut Ilmu Kedorteran Gigi Universitas Chicago di Amerika Serikat, 5 jenis antioksidan yang terkandung dalam kismis, terutama asam oleanolic, dapat mencegah perkembangbiakan bakteri yang menyebabkan penyakit gusi dan lubang pada gigi.



3. IKAN SALEM dapat membuat mood Anda baik.
Menurut para peneliti dari Universitas Pittsburgh di Amerika Serikat, asam lemak omega-3 dapat membuat Anda merasa lebih baik.


4. COKELAT dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Para peneliti dari Belanda menyarankan mengonsumsi 10 g coklat hitam yang banyak mengandung antioksidan. Antioksidan tersebut dapat memperbaiki tekanan darah dengan cara membantu mengontrol aliran darah secara lebih efisien.


5. ANGGUR MERAH baik untuk kesehatan mulut Anda.
Professor Kedokteran Gigi dari Canada, Daniel Grenier, menemukan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam anggur merah dapat membantu mencegah penyakit gusi.
Dalam penelitian lain, para ilmuwan juga menemukan bahwa resveratrol (sejenis antibiotik yang diproduksi oleh tanaman jika terserang bakteri atau jamur) yang terdapat dalam anggur dapat memperlambat serangan penyakit Alzheimer.

6. TEH HIJAU dapat meningkatkan daya ingat Anda.
Dalam sebuah penelitian di Jepang pada 1,000 orang yang berusia 70 tahun ke atas, para peneliti menemukan bahwa mereka yang paling banyak mengonsumsi teh hijau menunjukan hasil yang lebih baik dalam menjalani uji daya ingat.



7. GRAPEFRUIT dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Israel. Sayangnya, jenis buah ini juga bereaksi terhadap jenis obat tertentu.


8. JUS CRANBERRY merupakan obat yang baik bagi para pelancong.
Para peneliti dari New York telah menemukan khasiat anti-viral dari jenis buah ini yang berfungsi untuk mencegah rasa mual yang kerap menyerang saat sedang dalam perjalanan. Kelompok lain dari para peneliti ini juga telah menemukan bahwa jus cranberry baik untuk mencegah kerusakan gigi.

9. KAYU MANIS dapat membantu melawan diabetes.
Rempah-rempah jenis ini selain dapat meningkatkan kepekaan insulin, juga dapat mengurangi peradangan.


10. BIJI CEMARA mamiliki manfaat yang sangat menakjubkan dalam mengurangi nafsu makan.
Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, sepertinya jenis asam lemak tertentu yang terkandung dalam jenis biji ini menstimulasi pelepasan hormon yang dapat menekan nafsu makan.


11. LOKIO dapat mengatasi keracunan makanan.
Para peneliti dari Carolina Utara menemukan keuntungan dari lokio untuk memusnahkan bakteri salmonella. Bagaimanapun diperlukan jauh lebih banyak dari pada hanya beberapa butir lokio untuk melakukannya.

12. DAGING AYAM dapat melindungi kita dari serangan penyakit kanker usus.
Setelah melakukan pemeriksaan terhadap lebih dari 1,500 orang dan mengetahui kebiasaan makan mereka, para peneliti dari Dartmounth Medical School menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi banyak daging ayam memiliki risiko untuk berkembangnya adenoma, pemicu timbulnya kanker usus, 21% lebih rendah.


13. DAGING KALKUN, suatu saat nanti, dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit penyumbatan pembuluh darah gAnda.
Para ilmuwan di Jerman dan Amerika Serikat percaya bahwa kandungan tryptophan yang terdapat di dalam daging kalkun, suatu saat nanti, dapat digunakan untuk mengobati penyumbatan pembuluh darah Anda. Uji coba pada tikus menunjukkan bahwa tikus-tikus yang memakan bahan makanan yang telah dicampur dengan tryptophan dalam bentuk sintetis tidak mengalami kelumpuhan.


14. BUAH KENARI dan BIJI BUNGA MATAHARI dapat menurunkan kadar kolesterol.
Baik buah kenari maupun biji bunga matahari, keduanya mengandung phytosterosi yang tinggi. Phytosterosi adalah sejumlah senyawa kimia yang bukan hanya berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit kanker jenis tertentu.

15. KAFEIN dapat membantu meningkatkan daya ingat.
Sebuah penelitian di Australia mengenai kesehatan orang dewasa dilakukan melalui uji dengan mengonsumsi dan tidak mengonsumsi kafein. Aktifitas otak pada orang-orang yang mengonsumsi kafein lebih banyak ditemukan pada bagian-bagian yang berhubungan dengan perhatian dan daya ingat.


16. SERAT mambantu mengurangi pengaruh asap rokok pada perokok pasif.
Para peneliti Amerika percaya bahwa serat sebenarnya baik untuk paru-paru dan membantu mengurangi risiko dari pengaruh asap rokok bagi para perokok pasif. Yang Anda perlukan hanyalah mengonsumsi 2 buah apel setiap harinya.

17. NANAS membebaskan rasa sakit.
Nanas berfungsi sebagai anti radang untuk meringankan rasa sakit pada sendi tulang yang memar, menurut para peneliti dari Inggris.


18. KARE mambantu melawan kanker kulit.
Kita telah mengetahui bahwa menghindari sengatan sinar matahari adalah cara terbaik untuk mencegah terserangnya penyakit kanker kulit. Tetapi dengan mengonsumsi kare juga dapat menghindari risiko tersebut, menurut para peneliti Amerika yang telah dipublikasikan dalam sebuah majalah “Cancer”. Dalam sebuah percobaan laboratorium, kunyit, sejenis rempah-rempah berwarna kuning terang, yang menjadi bahan utama dalam setiap resep kare diketahui dapat menghancurkan sel-sel melanoma.

19. SUSU dapat membantu mencegah penyakit diabetes.
Berdasarkan penelitian orang Amerika di Universitas Havard ditemukan mereka yang mengonsumsi 1 - 2 cangkir susu rendah lemak atau susu skim per hari memiliki kemungkinan 21% lebih rendah untuk terserang 2 jenis penyakit diabetes.

20. BAWANG sangat baik bagi tulang Anda.
Menurut para peneliti dari Swiss, terdapat sejenis senyawa yang disebut GPCS di dalam bawang, yang dapat membantu menghentikan terjadinya osteoporosis.


21. YOGHURT membantu menyegarkan pernafasan.
Dalam sebuah Kofenrensi Gigi di Amerika Serikat, para ilmuwan melaporkan bahwa 2 dosis yoghurt sehari dapat menurunkan kadar hidrogen sulfida, yang merupakan suatu senyawa yang dapat menyebabkan segala macam masalah pernapasan pada 80% peserta konferensi. Selain itu kadar plak pada gigi dan penyakit gusi juga menjadi lebih rendah.

sumber

0 komentar:

Total Tayangan Halaman

Mari Silaturahmi

Follower

My Blog List

Popular Posts

Share